ABK Meningkatkan Sinergi dan Prestasi

ABK Meningkatkan Sinergi dan Prestasi

Jakarta 13/03/2018 Kemenkeu – Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Biro Organta), Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan turut berpartisipasi dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengelolaan Kinerja Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Tahun 2018, bertempat di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan dan perwakilan dari Kantor Wilayah dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan seluruh Indonesia.

Dalam acara tersebut, Biro Organta diminta untuk menyampaikan materi mengenai evaluasi penyusunan data Analisis Beban Kerja (ABK) Ditjen Perbendaharaan. Kepala Bagian Organisasi I menyampaikan pentingnya ABK bagi organisasi. ABK yang benar akan menjadi input kebijakan yang tepat. Bukan saja untuk penataan sumber daya manusia, organisasi, proses bisnis, dan IT, tetapi juga untuk penyusunan standar beban kerja jabatan/unit, pendukung penilaian kesehatan organisasi, serta efisiensi anggaran.

Diharapkan ke depan tidak ada lagi lukisan ABK tetapi yang muncul adalah potret ABK. Pengukuran beban kerja haruslah disusun secara sistematis, akurat, holistik, dan realistis, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan sinergi dan kinerja organisasi. Untuk meningkatkan efisiensi, ABK tahun 2018 secara nasional dilakukan menggunakan IT yang dapat diinput real time. (org)


facebook twitter
shadow