Belanja yang Efektif Sama Penting dengan Penerimaan yang Lebih Tinggi

Belanja yang Efektif Sama Penting dengan Penerimaan yang Lebih Tinggi

Jakarta, 08/03/2017 Kemenkeu - Sekretaris Jenderal (Sesjen) Hadiyanto membuka acara Jakarta Forum I yang diselenggarakan atas kerjasama Millennium Challenge Account (MCA) – Indonesia, Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Acara ini terselenggara di Hotel Prama Grand Preanger, Bandung pada Selasa (07/03). Forum ini diadakan dalam rangka modernisasi pengadaan di Indonesia.

Pada sambutannya, Sesjen menyampaikan bahwa pengadaan merupakan hal penting. “Karena pengelolaan belanja yang efektif sama pentingnya dengan upaya untuk meningkatkan penerimaan negara,” katanya.

Salah satu peran penting pengadaan adalah efisiensi belanja pemerintah melalui pengadaan barang jasa yang berorientasi pada value for money. “Bahkan dengan pengadaan secara elektronik yang telah dilakukan selama ini diperkirakan telah menghasilkan efisiensi sekitar 15-30%,” katanya saat acara dengan tema “Mewujudkan Fungsi Pengadaan yang Terintegrasi Melalui Kelembagaan yang Permanen dan Mandiri”.

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa masalah pengadaan memilki fungsi yang strategis dalam perencanaan penyusunan anggaran. Terlebih, tahun ini, belanja pemerintah mencapai Rp2.080,5 triliun. “Akan tetapi, strategi pengadaan sebenarnya adalah lesson-learned dari pengadaan yang efisien dan modern yaitu bagaimana membuat perencanaan anggaran yang lebih baik lagi,” tambahnya. Sesjen berharap melalui forum ini dapat menghasilkan inisiatif, terobosan, dan komitmen dalam menghadapi tantangan pengadaan. (Biro Komunikasi dan Layanan Informasi)


facebook twitter
shadow