Bersinergi Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

Bersinergi Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

Jakarta 15/03/2018, Setjen Kemenkeu - Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Biro Organta) menyelenggarakan acara Pembekalan WBBM di Lingkungan Kementerian Keuangan, bertempat di Ruang Mezzanine II, Gedung Juanda I Lantai M. Acara tersebut mengundang 10 unit kerja di lingkungan Kementerian Keuangan yang telah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2017 yang pada tahun ini akan diusulkan untuk mengikuti penilaian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Unit-unit tersebut terdiri dari Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (Sekretariat Jenderal); KPP Pratama Sumbawa Besar (DJP); KPPBC TMP A Bogor dan KPPBC TMP C Cilacap (DJBC); KPPN Padang, KPPN Yogyakarta, dan KPPN Kotamobagu (DJPb), Direktorat Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan (DJPK); Direktorat Surat Utang Negara (DJPPR); dan Pusdiklat Keuangan Umum (BPPK). Selain itu, acara tersebut juga mengundang Unit Kepatuhan Internal pada masing-masing eselon I yang akan memberikan asistensi pada 10 unit kerja yang diusulkan, serta Tim Penilai Internal Kementerian Keuangan dari Inspektorat Jenderal.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Organta Dini Kusumawati menyampaikan bahwa dari tahun 2013 sampai dengan 2017, unit kerja yang telah berpredikat WBBM sebanyak 18 unit kerja dengan 11 di antaranya merupakan unit kerja di lingkungan Kementerian Keuangan (61,11%). Untuk tahun ini, 10 unit kerja yang diusulkan diharapkan dapat terus melakukan perbaikan, mengomunikasikan perbaikan-perbaikan yang sudah dilakukan kepada para stakeholders, dan bersinergi agar meraih hasil terbaik.

“Kalau kita bersama, benar-benar bersinergi, saling membantu, sharing apa yang bagus dari kantor yang satu dan yang lain, saling belajar agar bisa saling menguatkan. Semoga dengan kita saling menguatkan, persentase tersebut (unit kerja di lingkungan Kementerian Keuangan yang meraih predikat WBBM) dapat meningkat lagi,” Dini Kusumawati menambahkan.

Selanjutnya dilaksanakan sharing session dari 10 unit kerja dengan fasilitator Kepala Bagian Ketatalaksanan II Wardjianto. Pada sesi ini, 10 unit kerja tersebut secara bergantian menyampaikan pengalaman masing-masing saat mengikuti penilaian WBK pada tahun 2017, kendala-kendala yang dihadapi, serta langkah-langkah yang menjadi kunci keberhasilan unit tersebut meraih predikat WBK. Setelah satu unit berbagi pengalamannya, unit lain dipersilakan untuk memberikan tanggapan ataupun masukan.

Sesi terakhir diisi dengan sharing session mekanisme penilaian WBBM oleh Koordinator Tim Penilai Internal Kementerian Keuangan dari Inspektorat Jenderal, Rudy Barnasah. (am/org)

 


facebook twitter
shadow