Biro Organta Selenggarakan Penilaian Awal Kantor Wilayah Terbaik Tahun 2019

Biro Organta Selenggarakan Penilaian Awal Kantor Wilayah Terbaik Tahun 2019

Jakarta, 03/05/2019 Kemenkeu — Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Biro Organta) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan (Setjen Kemenkeu) telah menyelenggarakan kegiatan Penilaian Awal Kantor Wilayah Terbaik (KWT) tahun 2019 pada bulan April tahun 2019. Penilaian KWT tahun 2019 didasarkan pada KMK 49/KMK.01/2019 tentang Pedoman Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik Dan Kantor Wilayah Terbaik Di Lingkungan Kementerian Keuangan.

 

Tahun 2019 merupakan tahun keempat diselenggarakannya penilaian KWT di lingkungan Kementerian Keuangan. Sebagaimana penilaian KWT pada tahun-tahun sebelumnya, penilaian KWT dibagi menjadi dua tahap, yaitu Penilaian Awal pada bulan April 2019 dan Penilaian Akhir pada bulan Juli 2019 mendatang. Yang membedakan pelaksanaan penilaian KWT tahun ini dari tahun sebelumnya ialah pertama, kegiatan KWT dimaksudkan untuk mendukung program Zona Integritas menuju WBK/WBBM dengan memasukkan indikator penilaian Zona Integritas menuju WBK/WBBM dalam kriteria penilaian KWT. Kedua, penilaian inovasi dalam rangka penilaian KWT dilakukan dengan mengacu pada KMK nomor 623/KMK.01/2018 tentang Pedoman Penilaian Inovasi Pelayanan Unit Kerja Di Lingkungan Kementerian Keuangan. Ketiga, penilaian awal KWT dilaksanakan secara mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

Penilaian Awal KWT tahun 2019 pertama kali dilaksanakan di Kanwil DJBC Jawa Barat pada tanggal 11  April 2019. Pada kegiatan tersebut, tim penilai melakukan konfirmasi dan tinjauan lapangan. Pada kesempatan itu, Kanwil DJBC Jawa Barat menyampaikan keunggulan yang dimiliki yaitu inovasi monitoring control room yang dapat mengamankan penerimaan negara serta inovasi smart building system yang mengedepankan otomasi dan efisiensi penggunaan sarana dan prasarana kantor.

 

Penilaian Awal selanjutnya dilaksanakan di Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung serta Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu pada tanggal 23 April 2019. Kepala Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung menyampaikan beberapa inovasi yg dikembangkan untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DJP dalam bidang perpajakan untuk mendukung peningkatan penerimaan negara salah satunya yaitu e-Rapor. Untuk itu, dalam pelaksanaan observasi dilakukan pendalaman terkait dengan data dukung dan dampak atas pelaksanaan inovasi tersebut. Sedangkan pada saat Penilaian Awal di Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, disampaikan inovasi yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kanwil DJKN yaitu SIKEP yang merupakan inovasi untuk pengawasan dan pengendalian berbagai layanan Pengelolaan BMN.

 

Terakhir, Penilaian Awal KWT tahun 2019 dilaksanakan di Kanwil DJPb Provinsi Aceh pada tanggal 29 April 2019. Pada kegiatan penilaian tersebut, Kanwil DJPb Provinsi Aceh menyampaikan keunggulan yang dimiliki yaitu koordinasi dan sinergi yang baik dengan Pemerintah Daerah dalam rangka penyusunan konsolidasi laporan keuangan serta menyusun Government Financial Statistic (GFS) untuk menyediakan informasi statistik kepada pengambil kebijakan agar memperoleh informasi mengenai kinerja keuangan, posisi keuangan, dan kondisi likuiditas pemerintah pusat dan daerah. Salah satu inovasi yang merupakan keunggulan dari Kanwil DJPb Provinsi Aceh yaitu Sistem Informasi Profil dan Analisa Pemda (SiPanda). Kegiatan Penilaian Awal pada Kanwil DJPb Provinsi Aceh diakhiri dengan kegiatan observasi pada seluruh ruang kerja dan ruang fasilitas yang telah menerapkan konsep ruang kerja terbuka.

 

Dalam proses penilaian ini, Kepala Biro Organta, Dini Kusumawati, menyampaikan kepada seluruh Kepala Kanwil beserta jajarannya untuk terus menjaga sinergi dan integritas dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. Tak lupa, Dini berpesan untuk tidak pernah puas dalam memberikan pelayanan dan berinovasi demi pelayanan publik yang lebih baik. (fr/org/sr)


facebook twitter
shadow