Biro Organta Selenggarakan Rakor untuk “Mewujudkan Perekonomian Indonesia Inklusif Melalui Organisasi Kemenkeu Agile, Best Fit, dan Integrated”

Biro Organta Selenggarakan Rakor untuk “Mewujudkan Perekonomian Indonesia Inklusif Melalui Organisasi Kemenkeu Agile, Best Fit, dan Integrated”

Jakarta, 07/02/19 Kemenkeu – Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Organta), Sekretariat Jenderal (Setjen) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Fungsi Organisasi dan Ketatalaksanaan Tahun 2019 di ruang Lotus Hotel Grand Mercure Jakarta pada tanggal  6-7 Februari. Rakor mengangkat tema “Mewujudkan Perekonomian Indonesia Inklusif Melalui Organisasi Kemenkeu Agile, Best fit, dan Integrated”.

Rakor dihadiri oleh para Sekretaris Unit Eselon 1 Kementerian Keuangan (Kemenkeu), jajaran pejabat eselon 2 Setjen serta turut hadir Sekretaris Pengelola Portal Indonesian National Single Window (PP-INSW). Acara diawali dengan laporan penyelengaraan kegiatan oleh Kepala Biro Organta, Dini Kusumawati, yang menyampaikan harapan bahwa rakor ini dapat menjadi sarana untuk memperkuat sinergi dan menyelaraskan program kerja, serta menjadi penyemangat dalam menghadapi tantangan ke depan guna mencapai target dan prestasi sehingga Kementerian Keuangan senantiasa menjadi yang terbaik demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Sekretaris Jenderal Hadiyanto dalam kesempatan tersebut menyampaikan sambutan “Ibu Menteri selalu berpesan: sangat penting organisasi Kementerian Keuangan, oleh karena itu kita jangan menempatkan pada posisi yang merasa tidak penting apalagi eksklusif”. Kemenkeu harus menjadi organisasi yang sifatnya inklusif dengan kinerja  dan komitmen yang tinggi.

Dalam Rakor ini juga dilaksanakan serangkaian kegiatan antara lain one on one meeting unit Eselon I untuk membahas program kerja, diskusi panel yang menghadirkan narasumber Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana KemenPAN-RB, Rini Widyantini dan Direktur Enterprise & Business Service, PT Telkom Indonesia (Persero), Dian Rachmawan dan beberapa side event seperti peluncuran aplikasi Digital Integrity Assessment (DIA) serta pemberian penghargaan kepada inovasi pelayanan terbaik.

Setjen melalui Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan (Pusintek) mendapatkan penghargaan kategori Inovasi Pelayanan Terbaik unit kerja tahun 2018. Inovasi tersebut adalah Layanan Cuti Online Berbasis pada aplikasi e-Prime dan berhasil memperoleh penghargaan terbaik kelima. Fitur ini berhasil memberikan nilai lebih kepada para pemangku kepentingan seperti memudahkan pengajuan cuti, persetujuan cuti, dan pengelola data cuti kepegawaian dan fitur ini telah dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan. (lgr/kom/evn)


facebook twitter
shadow