Biro Organta Selenggarakan Workshop dan Simulasi Penetapan Peraturan Penyempurnaan PMK 241/2015

Biro Organta Selenggarakan Workshop dan Simulasi Penetapan Peraturan Penyempurnaan PMK 241/2015

Jakarta, 7/11/2018 Kemenkeu - Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Organta) menyelenggarakan workshop Perubahan Mekanisme Penetapan Jabatan dan Peringkat bagi Pelaksana di Lingkungan Kementerian Keuangan di Aula Mezzanine Gedung Djuanda, Jakarta pada Senin (05/11). Acara ini dihadiri oleh 80 orang pejabat dan pegawai pengelola organisasi dan sumber daya manusia di lingkungan kantor pusat Kementerian Keuangan.

Membuka pelaksanaan workshop, Kepala Biro Organta Dini Kusumawati menyampaikan bahwa perubahan mekanisme penetapan jabatan dan peringkat pelaksana ini merupakan upaya Biro Organta untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan berkelanjutan. Setelah melalui proses pembahasan yang melibatkan seluruh unit Eselon I, terang Dini, perubahan mekanisme ini akan ditetapkan menjadi peraturan penyempurnaan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 241/ PMK.01/2015 (PMK 241/2015) tentang Mekanisme Penetapan Jabatan dan Peringkat bagi Pelaksana di Lingkungan Kementerian Keuangan.

“Melalui workshop ini kami akan menyampaikan perubahan-perubahan pokok dalam PMK 241/2015 disertai studi kasus yang sering ditemui dalam penetapan peringkat bagi pelaksana di lingkungan Kementerian Keuangan”, jelas Dini.

Pokok perubahan dalam PMK 241/2015 antara lain: (i) penilaian kemampuan kerja pelaksana sebagai salah satu alat ukur penilaian kemampuan pelaksana pada jabatan yang lebih tinggi; (ii) penyempurnaan mekanisme dan peringkat bagi pelaksana yang ditugaskan pada jabatan pelaksana selain pelaksana umum atau selesai melaksanakan penugasan tertentu yang dimutasi ke pelaksana umum; (iii) penyempurnaan pengaturan batas peringkat tertinggi berdasarkan pendidikan bagi pelaksana umum; (iv) penyempurnaan penggunaan syarat pendidikan bagi pelaksana khusus; (v) pengaturan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi mekanisme penetapan peringkat jabatan; serta (vi) hal-hal lain yang merupakan penyempurnaan mekanisme penetapan jabatan dan peringkat bagi pelaksana.

Selain berisi paparan dan simulasi kasus, dalam workshop ini juga dilakukan uji coba rancangan kuesioner survei kesehatan organisasi Kementerian Keuangan atau Ministry of Finance Fitness Index (MOFIN) tahun 2019. Selain itu, sebagai bentuk inovasi dan sinergi dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), materi workshop didokumentasikan dalam bentuk video dan dapat diakses melalui Kemenkeu Learning Center (KLC). Materi workshop juga dapat diunduh melalui tautan bit.ly/REVISIPMK241. (prf/org/wa)


facebook twitter
shadow