Biro Organta Selenggarakan Workshop Penilaian Mandiri di Empat Kota

Biro Organta Selenggarakan Workshop Penilaian Mandiri di Empat Kota

Jakarta, 04/12/2017 Setjen Kemenkeu — Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Organta) bersinergi dengan tim dari Inspektorat Jenderal melakukan workshop penilaian mandiri Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) ke 4 kota yang dimulai sejak minggu I bulan November 2017 yaitu Palembang (9-10 November 2017), Yogyakarta (16-17 November 2017), Denpasar (23-24 November 2017), dan Makassar (29-30 November 2017). Rangkaian workshop ini dihadiri oleh para peserta yang menangani bidang kepatuhan internal dari masing-masing Kanwil DJP, DJBC, Ditjen PBN, dan DJKN yang tersebar kedalam keempat wilayah dari kota-kota tersebut.

Kegiatan ini pentingnya dilaksanakan untuk percepatan pembangunan ZI menuju WBK/WBBM sesuai arahan Menteri Keuangan. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka transfer of knowledge agar masing-masing Unit Kepatuhan Internal di Kanwil dapat melakukan penilaian mandiri terhadap unit kerja dalam koordinasinya untuk pembangunan zona integritas WBK/WBBM sesuai standar yang dilakukan Inspektorat Jenderal selaku Tim Penilai Kementerian selama ini.

Dalam kegiatan workshop yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 hari tersebut, pada hari pertama Biro Organta memberikan pemaparan pendalaman tentang KMK 426/KMK.01/2017 mengenai berbagai hal terkait Pencanangan ZI, Pembangunan WBK/WBBM, Penilaian Tingkat Unit Eselon I—Tingkat Kementerian—Tingkat Nasional, Penilaian Mandiri oleh UKI/TPEI, kriteria kantor serta indikator penilaian ZI WBK/WBBM baik yang masuk dalam kriteria indikator pengungkit maupun indikator hasil. Sementara itu Itjen selaku Tim Penilai Tingkat Kementerian Keuangan memaparkan materi mengenai mekanisme penilaian mandiri dan bedah lembar kerja evaluasi.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif kepada para peserta, di hari kedua workshop dilakukan praktik studi kasus bagaimana melakukan penilaian secara mandiri oleh peserta terhadap dokumen yang perlu disiapkan untuk menghadapi penilaian WBK/WBBM. (epd/org)


facebook twitter
shadow