Biro Umum Sekretariat Jenderal Selenggarakan Simulasi Evakuasi Bencana

Biro Umum Sekretariat Jenderal Selenggarakan Simulasi Evakuasi Bencana

Jakarta, 26/04/2019 Kemenkeu — Pada Jumat (26/04), bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana, Biro Umum Sekretariat Jenderal menyelenggarakan simulasi evakuasi bencana di lingkungan Kementerian Keuangan secara serentak. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari In-house Training Orientasi Tugas Floor Captain kepada seluruh perwakilan Unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan yang telah dilaksanakan sebelumnya pada Senin (22/04).

Hal ini sesuai dengan Undang-undang Negara Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, yang mewajibkan tiap institusi pemerintahan untuk melaksanakan upaya pencegahan di dalam penanggulangan bencana. Kondisi darurat yang dimaksud adalah kondisi darurat karena adanya gempa bumi, erupsi gunung, banjir maupun kebakaran.

“Upaya preventif yang dilakukan adalah dengan melakukan simulasi, yaitu latihan evakuasi menghadapi keadaan darurat. Termasuk simulasi evakuasi dari gedung-gedung perkantoran dimana kita semua bekerja. Saya meminta, dalam kondisi darurat kita semua harus mampu berpartisipasi secara tertib, aman dan tenang, sehingga korban jiwa bisa dihindari,” ucap Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam arahannya.

Ia melanjutkan, Kementerian Keuangan menyambut baik upaya simulasi yang akan dilakukan dan berharap seluruh pegawai mengikuti simulasi secara baik, tertib, antusias dan teliti mengikuti berbagai instruksi yang diberikan.

“Semoga hal ini dapat mencegah korban jiwa dalam kondisi yang tidak kita inginkan,” pungkas Sri Mulyani. (kom/sr)


facebook twitter
shadow