Dengan Teknologi Tingkatkan Minat Baca

Dengan Teknologi Tingkatkan Minat Baca

Jakarta, 05/09/2017 Kemenkeu - Biro Komunikasi dan Layanan Informasi menyelenggarakan Festival Literasi Kementerian Keuangan 2017 bertempat di Aula Mezzanine Gedung Djuanda, Jakarta pada Selasa (5/9). Ini merupakan kegiatan tahunan yang terdiri dari bedah buku oleh penulis sebagai narasumber, dan bazaar buku dari berbagai penerbit. Rangkaian acara Festival Literasi pada tahun ini dibuka dengan bedah buku Catatan Najwa dengan Najwa Shihab sebagai narasumbernya, dan dilanjutkan dengan bedah buku oleh Iwan Setiawan dan Pidi Baiq pada hari berikutnya. Hadir dalam bedah buku, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Sekretaris Jenderal Hadiyanto untuk menyampaikan sambutan.

Dalam laporannya, Sesjen Hadiyanto menyampaikan capaian dan inovasi yang telah dan akan dilakukan oleh Biro KLI dalam hal ini Perpustakaan Kementerian Keuangan. Hadiyanto memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Festival Literasi. Sesuai tema acara yaitu "Membaca itu Seru", Hadiyanto berharap agar kemajuan teknologi tidak mengalahkan minat baca, namun justru meningkatkan kemudahan untuk membaca dan memperoleh ilmu pengetahuan. Hal ini sejalan dengan diluncurkannya aplikasi e-Perpus oleh Biro KLI yang dapat memudahkan para pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan mendapatkan akses terhadap buku.

Dikutip dari laman website Kementerian Keuangan, Menkeu Sri Mulyani menyampaikan bahwa membaca tidak hanya membuat manusia menjadi cerdas tapi juga menjadi empati dan peka. "Mampu memahami cara berpikir orang lain. Membuat kita menjadi manusia yang berisi, kaya rasa, kaya apresiasi, kaya cara berpikir, dan kaya dalam perspektif. Karena manusia kadang-kadang sangat miskin perspektifnya, melihat suatu masalah cuma dari satu sisi saja,” jelasnya.

Sri Mulyani berpesan agar Kemenkeu dapat meningkatkan perannya sebagai knowledge institution. Pengetahuan yang tidak hanya secara lisan tapi juga dapat ditularkan dan dicapture kemudian ditulis dan dibaca sehingga muncul tradisi literasi. Sri Mulyani juga menyampaikan harapannya agar acara festival literasi ini tidak hanya dapat mencerdaskan dan membuat semakin kaya tetapi menginspirasi seluruh masyarakat untuk juga bisa ikut meningkatkan minat membaca dan bahkan menulis literatur. (wa/ma/nr)


facebook twitter
shadow