Dialog Lintas Generasi, Puncak Acara HORI Ke-72 Kemenkeu

Dialog Lintas Generasi, Puncak Acara HORI Ke-72 Kemenkeu

Jakarta, 05/11/2018 Kemenkeu – Kementerian Keuangan menyelenggarakan Seminar Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) dengan mengangkat tema “Kemenkeu Berbakti untuk Negeri” di Aula Dhanapala pada hari Rabu (31/10). Tema ini dipilih untuk menjawab tantangan besar Kemenkeu dalam upaya mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045, yaitu memastikan bahwa arah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mampu mengatasi permasalahan dasar sehingga dapat mendukung penyiapan generasi penerus untuk melanjutkan estafet pembangunan ekonomi.

Seminar ini menghadirkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Ekonom Dorodjatun Kuntjoro Jakti, Chief Executive Officer (CEO) Tokopedia William Tanuwijaya, dan Co-Founder & Chief Product Officer (CPO) Ruang Guru Iman Usman sebagai narasumber, serta Rosiana Silalahi sebagai moderator.

Inspektur Jenderal (Irjen) Sumiyati mewakili Sekretaris Jenderal (Sesjen) Hadiyanto, mengemukakan bahwa generasi milenial memiliki keunikan tersendiri karena lahir dan tumbuh pada era transformasi digital. Generasi ini, terang Sumiyati, akan membawa perubahan dan menentukan arah pembangunan ekonomi Indonesia. Selain itu, negara berperan juga dalam komitmen yang termaktub di dalam APBN untuk melakukan investasi pada Sumber Daya Manusia (human capital investment), mempersiapkan tenaga kerja berkualitas dengan pendidikan dan kesehatan yang memadai agar bisa berdaya saing, inovatif dan memiliki kreativitas yang tinggi.

Seminar yang dihadiri oleh kurang lebih seribu peserta yang berasal dari internal dan eksternal Kemenkeu ini, juga disiarkan melalui media sosial resmi Kemenkeu yaitu facebook live dan instagram live serta (Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Televisi) BPPK TV. Melalui penyiaran tersebut diharapkan nilai-nilai positif dari acara ini dapat menjangkau dan menginspirasi audience kepada seluruh kalangan secara nasional.

Di akhir acara, dilaksanakan penyerahan penghargaan sebagai bentuk apresiasi dari Kemenkeu kepada Kementerian/Lembaga Negara (K/L), perusahaan, eksportir, tokoh, hingga ekonom yang telah memberikan pencapaian maupun kontribusi kepada Kemenkeu dan Republik Indonesia. Kriteria penghargaan yang diserahkan antara lain K/L Pengelola PNBP Terbaik, Tenaga Kerja Terbanyak dan Tingkat Kepatuhan, Eksportir Kawasan Berikat/ Kemudahan Impor Tujuan Ekspor dengan Nilai Devisa Terbesar, Ekonom, Penulis dan Kontributor Positif di Media Massa, Tingkat Utilisasi Barang Milik Negara (BMN), Tingkat Kepatuhan Pelaporan BMN, Jumlah Sertifikasi BMN, Kolaborasi Pengelolaan BMN, dan Tata Kelola BMN yang Berkesinambungan. (evn/kom/wa)


facebook twitter
shadow