Diseminasi Hasil SKPL Kemenkeu 2017

Diseminasi Hasil SKPL Kemenkeu 2017

Jakarta, 01/02/2018 Kemenkeu – Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Biro Organta) Sekretariat Jenderal bekerja sama dengan Tim Peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melangsungkan pemaparan mengenai hasil Survei Kepuasan Pengguna Layanan Kementerian Keuangan Tahun 2017 (SKPL 2017) pada Kamis (1/2) di Ruang Rapat Sekretaris Jenderal, Gedung Djuanda. Acara dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Hadiyanto, dan Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi Susiwijono, jajaran pimpinan unit eselon II Sekretariat Jenderal terkait, dan para sekretaris unit eselon I.

Pemaparan dimulai oleh Ketua Pelaksana Tim Peneliti UGM Sahid Susilo Nugroho. Sahid menyampaikan garis besar penelitian yakni terkait latar belakang, rumusan masalah, pertanyaan riset, tujuan riset, ruang lingkup riset dan cakupan riset. Sahid juga menyampaikan bahwa pelaksanaan survei mengacu pada komponen standar pelayanan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Merujuk hasil SKPL 2017, tampak dari data yang disajikan oleh Tim Peneliti UGM bahwa indeks kepuasan dari sebelas aspek layanan Kementerian Keuangan mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2016. Peningkatan terbesar terjadi pada aspek layanan “Pengenaan Sanksi/Denda atas Pelanggaran” yang meningkat 37 poin dari skor 3,95 pada tahun 2016 menjadi 4,32 pada tahun 2017. Sedangkan jenis layanan dengan indeks kepuasan tertinggi yakni Pelayanan Lelang Surat Utang Negara di Pasar Perdana yang merupakan layanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko dengan skor 4,90.

Usai pemaparan dari Tim Peneliti UGM, Sekretaris Jenderal memberikan arahan mengenai beberapa hal seperti indikator/kualifikasi survei, metodologi riset yang digunakan, serta penekanan terhadap kesimpulan dan rekomendasi yang diberikan oleh Tim Peneliti UGM. Para pimpinan unit eselon II yang hadir dalam diseminasi juga diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat mengenai hasil SKPL 2017 yang dipaparkan oleh Tim Peneliti UGM.

Sebelum menutup diseminasi SKPL 2017, Sekretaris Jenderal menekankan pentingnya emphasis on integrity serta mengarahkan para pejabat terkait untuk melaksanakan rekomendasi yang diberikan sehingga tidak terjadi pengulangan temuan pada SKPL berikutnya. “Buat Bapak/Ibu dari unit mohon perhatian sungguh-sungguh untuk bisa memastikan kinerja pelayanan kita dari waktu ke waktu semakin baik,” tutup Sekretaris Jenderal. (bi/org)


facebook twitter
shadow