FGD Penguatan Balai Pendidikan dan Pelatihanan Keuangan

FGD Penguatan Balai Pendidikan dan Pelatihanan Keuangan

Jakarta, 10/04/2017 Kemenkeu – Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Organta) Biro Organta menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) pada Kamis (06/04) bertempat di ruang rapat Biro Organta Gedung Djuanda I lantai 17. FGD yang diselenggarakan tersebut mengenai efektivitas organisasi Balai Diklat Keuangan (BDK) sebagai tindak lanjut monitoring dan evaluasi efektivitas organisasi yang telah dilaksanakan pada BDK Malang, BDK Yogyakarta, dan Balai pendidikan dan pelatihan kepemimpinan Magelang.

Tujuan diselenggarakannya FGD dimaksud adalah untuk mengetahui kapasitas organisasi BDK, antara lain jenis diklat, jumlah peserta, ketersediaan Widyaiswara (WI), dan peran BDK di daerah, serta memperoleh masukan secara langsung mengenai pelaksanaan tugas dan fungsi dari peserta FGD. Pada akhirnya hasil FGD ini akan dijadikan sebagai bahan rekomendasi kepada jajaran pimpinan mengenai penguatan organisasi di bidang pendidikan dan pelatihan di lingkungan Kemenkeu.

Kepala Biro Organta Dini Kusumawati memberikan arahan agar Kepala Balai dapat mendeskripsikan pelaksanaan tugas dan tantangan yang dihadapi di lapangan, serta memberikan usulan perbaikan atas organisasi BDK. “Dengan meningkatkan peran BDK, diharapkan gap kompetensi pegawai dapat berkurang, at the end akan diperoleh SDM Kementerian Keuangan yang lebih baik, siap fight, karena memang tuntutan Menteri Keuangan itu luar biasa yaitu untuk tetap menjadi yang terdepan”, kata Karo Organta.

Selain itu, berdasarkan pemaparan dari para Kepala BDK, penguatan organisasi BDK yang perlu dilakukan, yaitu melalui penguatan tugas dan fungsi BDK, penguatan jabatan fungsional widyaiswara, penguatan hubungan antar unit, baik internal maupun eksternal. Selain itu kedepan diharapkan BDK dapat memberikan layanan diklat yang lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM dari segi hard competency maupun soft competency di lingkungan Kemenkeu, Kementerian/ lembaga, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi Negeri, dan stakeholders lainnya. 

Sebagai informasi, FGD dihadiri oleh Kepala Balai meliputi BDK Makassar, BDK Balikpapan, BDK Pontianak, BDK Denpasar, BDK Malang, BDK Yogyakarta, BDK Medan, dan BDK Palembang, serta Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana BPPK. (Organta/hr/rsa).


facebook twitter
shadow