Focus Group Discussion Implementasi Total Cost of Ownership (TCO) di Lingkungan Kementerian Keuangan

Focus Group Discussion Implementasi Total Cost of Ownership (TCO) di Lingkungan Kementerian Keuangan

Jakarta, 14/05/2018 Kemenkeu – Bertempat di Aula Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan, Gedung Djuanda II, Jakarta, Biro Perlengkapan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Implementasi Total Cost of Ownership (TCO) di Lingkungan Kementerian Keuangan” pada Senin (14/5). FGD ini dihadiri oleh seluruh perwakilan unit eselon I, Perwakilan Central Transformation Office (CTO), Perwakilan Project Management Office (PMO) dan beberapa unit eselon II di lingkungan Sekretariat Jenderal dengan narasumber Sonny Sumasono dan Tatok Kurnianto dari ADW Consulting.

Kepala Bagian Perencanaan Barang Milik Negara, Edi Gunawan, dalam sambutannya menyampaikan, TCO merupakan program dari transformasi kelembagaan Kementerian Keuangan sesuai Keputusan Menteri Keuangan Nomor 36/KMK.01/2014 tentang Cetak Biru Program Tranformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan tahun 2014-2025. Saat ini Better Practice Guide (BPG) TCO telah selesai disusun, tahapan selanjutnya adalah penyusunan e-TCO sebagai kalkulator dalam penghitungan TCO. Kemudian TCO akan segera diimplementasikan di lingkungan Kementerian Keuangan.

Edi juga menyampaikan, TCO adalah suatu jenis perhitungan yang dirancang untuk membantu unit eselon I menilai biaya dan manfaat secara langsung maupun tidak langsung terkait dengan beberapa pembelian. Terdapat lima kategori utama pembelian yang dapat dihitung menggunakan TCO, yaitu kendaraan berupa mobil dan sepeda motor serta alat-alat IT berupa komputer user, laptop dan printer. Tujuan TCO adalah untuk mendapatkan angka akhir yang mencerminkan suatu biaya yang efektif dari suatu pembelian.

FGD ini merupakan rangkaian kegiatan untuk meningkatkan pemahaman dan kapabilitas anggota tim penyusunan perangkat implementasi TCO serta memperkaya materi yang tertuang dalam konsep Better Practice Guide (BPG) yang akan digunakan sebagai perangkat implementasi TCO di Kementerian Keuangan. (kom/lgr/sr)


facebook twitter
shadow