Focus Group Discussion Penyusunan Konsep Indikator Efisiensi Birokrasi Sektor Publik

Focus Group Discussion Penyusunan Konsep Indikator Efisiensi Birokrasi Sektor Publik

Jakarta, 03/10/2018 Kemenkeu - Program penguatan budaya merupakan salah satu dari empat tema sentral Inisiatif Strategis Reformasi Birokrasi Transformasi Kelembagaan (IS-RBTK) Kementerian Keuangan. Terkait dengan hal tersebut, Sekretariat Jenderal (Setjen) melalui Central Transformation Office (CTO) berinisiatif membangun sebuah mekanisme pengukuran efisiensi dan efektivitas satuan kerja di lingkungan Kemenkeu dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Mekanisme ini dimulai dengan pelaksanaan program penetapan indikator efisiensi birokrasi terlebih dahulu. Sejak awal September 2018, Setjen dibantu konsultan PwC, telah melakukan serangkaian kegiatan pendalaman model pengukuran indeks efisiensi birokrasi beserta indikatornya baik melalui forum diskusi maupun one on one meeting bersama Biro/Pusat di lingkungan Setjen serta Sekretariat Itjen.

Hasil akhir yang diharapkan dari rangkaian kegiatan ini adalah diperolehnya beberapa indikator valid yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi birokrasi seluruh satuan kerja di lingkungan Kemenkeu dalam melaksanakan tugas dan fungsi pokoknya masing-masing. Indikator yang diperoleh diharapkan bersifat komprehensif sehingga mampu menjadi landasan bagi Kemenkeu dalam mengevaluasi dan mengidentifikasi peluang untuk terus memperbaiki diri dan membentuk siklus perbaikan organisasi secara berkelanjutan. Pada hari Rabu (3/10), diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Konsep Indikator Efisiensi Birokrasi Sektor Publik yang bertempat di Gedung Jusuf Anwar (ex MA). Dihadiri oleh Sesjen Hadiyanto dan para Sekretaris Unit Eselon I serta para pejabat pengelola anggaran, sumber daya manusia, organisasi dan ketatalaksanaan, kinerja dan risiko pada seluruh unit eselon I di lingkungan Kemenkeu, FGD ini diharapkan dapat memperkaya indikator awal yang telah disusun sebelumnya.

Dalam sambutannya, Sesjen Hadiyanto mengucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta dan sangat mengharapkan kesediaan seluruh jajaran untuk mendukung, berpartisipasi dan berkomitmen untuk membantu proses pelaksanaan inisiatif ini. “Komitmen seluruh jajaran pimpinan mutlak diperlukan dalam inisiatif ini untuk memberi contoh dan teladan bagi seluruh jajaran Kementerian Keuangan RI dalam membentuk dan memperkuat budaya Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai bagian dari IS-RBTK,” ucapnya. (sr/kom)


facebook twitter
shadow