In-house Training Orientasi Tugas Floor Captain di Lingkungan Kementerian Keuangan

In-house Training Orientasi Tugas Floor Captain di Lingkungan Kementerian Keuangan

Jakarta, 23/04/2019 Kemenkeu — Biro Umum menyelenggarakan In-house Training Orientasi Tugas Floor Captain kepada seluruh perwakilan unit eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Senin (22/4). Kegiatan yang bertempat di Aula Dhanapala ini menghadirkan narasumber dari Unsur Pengarah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)—R. Hadianto dan Fuadi Darwis.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Biro Umum Sugeng Wardoyo menyampaikan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh arahan Presiden Joko Widodo saat Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana pada awal tahun 2019. Arahan Presiden tersebut antara lain bahwa pelaksanaan edukasi kebencanaan harus dimulai tahun ini terutama di daerah rawan bencana, serta latihan simulasi penanganan bencana secara berkala dan berkesinambungan. Menindaklanjuti arahan tersebut, BNPB memberikan himbauan agar setiap Hari Kesiapsiagaan Bencana—26 April, dilaksanakan simulasi evakuasi bencana secara serentak. “Himbauan tersebut, termasuk kepada Kementerian Keuangan,” jelas Sugeng.

Sugeng juga menyampaikan bahwa para pimpinan Kemenkeu sangat antusias menyambut himbauan tersebut demi keselamatan para pengguna gedung. Kementerian Keuangan saat ini, lanjut Sugeng, tengah melakukan persiapan penanggulangan bencana antara lain terkait kesiapan gedung dan sarana prasarananya, kesiapan standard operating procedure (SOP), dan kesiapan sumber daya manusia.

In-house Training ini merupakan pembekalan awal bagi para Floor Captain dan wakilnya sebagai bagian dari Tim Tanggap Darurat. Floor Captain memiliki peran dan tugas penting yaitu memimpin arus evakuasi penghuni lantai ketika terjadi keadaaan darurat di tempat kerja. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan persiapan pelaksanaan Simulasi/Latihan Evakuasi Bencana secara serentak di lingkungan Kemenkeu. (lgr/kom/wa)


facebook twitter
shadow