IHT Pencegahan Korupsi dan Gratifikasi

IHT Pencegahan Korupsi dan Gratifikasi

Jakarta 09/02/2018 Setjen Kemenkeu - Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Biro Organta), Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan menyelenggarakan In House Training (IHT) Pencegahan Korupsi dan Gratifikasi. Acara tersebut bertempat di Ruang Rapat Biro Organta, Gedung Djuanda I Lantai 17 dengan narasumber Uding Juharudin, Group Head Pelaporan Gratifikasi, Direktorat Gratifikasi, Kedeputian Bidang Pencegahan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang bersih, terbuka, partisipatif, akuntabel, serta meningkatkan penerapan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dengan peningkatan pencegahan terjadinya tindak pindak korupsi di lingkungan Kementerian Keuangan, dilakukan upaya pengendalian gratifikasi yang berpotensi merugikan Negara. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Organta, Dini Kusumawati, dalam pembukaan acara.

“Hal ini selaras dengan penerapan nilai-nilai Kemenkeu, khususnya yang pertama, yaitu Integritas. Selain itu, sebagai bentuk dukungan Kemenkeu dalam upaya penghentian praktik-praktik KKN, Kemenkeu telah menerbitkan Pedoman Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kemenkeu melalui PMK Nomor 7/PMK.09/2017 pada tanggal 27 Januari 2017,” Dini menambahkan.

Narasumber acara, Uding Juharudin, menyampaikan materi mengenai pemahaman korupsi (pilar utama pemberantasan korupsi, klasifikasi korupsi); pemahaman gratifikasi (definisi, unsur-unsur, ancaman pidana, pengecualian pidana gratifikasi, dan permasalahan gratifikasi layanan publik); cara melaporkan gratifikasi, serta Program Pengendalian Gratifikasi (PPG). Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dengan adanya IHT ini, para peserta diharapkan memiliki pemahaman lebih mendalam terkait pencegahan korupsi dan pengendalian gratifikasi. (sr/am/org)


facebook twitter
shadow