Kemenkeu Bersama LKPP dan MCAI Selenggarakan Forum Pengadaan di Bandung

Kemenkeu Bersama LKPP dan MCAI Selenggarakan Forum Pengadaan di Bandung

Jakarta - 10/03/2017 Kemenkeu – Kementerian Keuangan melalui Pusat Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kementerian Keuangan (LPSE) bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah  (LKPP) dan Millennium Challange Account Indonesia (MCAI) menyelenggarakan forum pengadaan yang dinamakan "The Jakarta Forum" bertempat di Ramayana Ballroom Hotel Prama Grand Preanger Bandung pada tanggal 7 s.d. 9 Maret 2017.

The Jakarta Forum merupakan forum saling sharing pengalaman antar Unit Layanan Pengadaan (ULP) yang menjadi Pilot Project dalam program Modernisasi Pengadaan yang dilaksanakan oleh LKPP dan MCAI dan bertujuan untuk mencari solusi atas berbagai permasalahan yang muncul dalam implementasi modernisasi pengadaan serta menghasilkan rekomendasi kebijakan kelembagaan pengadaan. Kegiatan ini diikuti oleh 8 (delapan) Kementerian/Lembaga/Daerah yang menjadi pilot project program modernisasi pengadaan LKPP dan MCAI antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemprov DKI Jakarta, Kementerian Perhubungan, Institut Teknologi Bandung, dan Kementerian Luar Negeri.

Kementerian Keuangan bertindak sebagai tuan rumah dalam acara kali ini dan memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan bekerjasama dengan MCA-I. Sekretaris Jenderal Hadiyanto dalam sambutannya menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan The Jakarta Forum. “Pengadaan itu bukan sekedar kegiatan administratif saja akan tetapi memiliki nilai strategis dalam pengelolaan budget atau keuangan negara sehingga menjadi sangat penting jika unit-unit pengadaan harus memiliki fungsi dan struktur yang jelas mengenai lembaga pengadaan.

Sebagai informasi, kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan selama tiga kali setiap tiga bulan. Fokus dari The Jakarta Forum I adalah untuk merumuskan kelembagaan pengadaan yang fit for purpose. Sedangkan untuk Jakarta Forum berikutnya akan memfokuskan pada pembahasan sumber daya manusia pengadaan. Namun, pada forum ketiga nantinya direncanakan akan dilakukan pada tingkat Pimpinan Kementerian/Lembaga. (LPSE/hr/rsa)


facebook twitter
shadow