Menuju Karir Penyuluh Pajak yang Lebih Pasti dan Profesional

Menuju Karir Penyuluh Pajak yang Lebih Pasti dan Profesional

Jakarta, 12/04/2018 Setjen Kemenkeu - Dalam rangka meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak (WP) guna mengoptimalkan penerimaan pajak, perlu dilakukan penyuluhan yang intensif baik dengan cara “one to many” atau “one to one”. Penyuluhan intensif dilakukan untuk meningkatkan pemahaman WP baik formil maupun materil terhadap berbagai aturan perpajakan yang begitu kompleks dan dinamis. Untuk itu, Kementerian Keuangan mengusulkan penyempurnaan Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan pada Kamis 12 April 2018, bertempat di Ruang Rapat Samudera Pasai Kementerian PAN-RB. Direktorat Jenderal Pajak bersama Biro Organta melaksanakan Ekspose Naskah Akademik penyempurnaan Jabatan Fungsional tersebut. Acara dibuka oleh Asisten Deputi Standardisasi Jabatan dan Pengembangan Karir SDM Aparatur, Aba Subagja, dilanjutkan dengan pemaparan dari Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Hestu Yoga Saksama.

Ekspose Naskah Akademik Jabatan Fungsional merupakan tahapan awal dalam pembentukan dan penyempurnaan Jabatan Fungsional yang harus dilalui untuk mendapatkan persetujuan dan izin prinsip dari Kementerian PAN-RB dan BKN. Usulan penyempurnaan Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak dimaksudkan untuk menyesuaikan aturan kepegawaian terkini dan menambahkan unsur kegiatan dari proses bisnis lainnya di DJP, yakni kegiatan contact center dan kegiatan penyelesaian permohonan Wajib Pajak. Penyempurnaan Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak nantinya akan merevisi Permen PAN Nomor PER/04/M.PAN/2/2006 tentang Jabatan Fungsional penyuluh Pajak dan Angka Kreditnya.

Urgensi penyempurnaan terhadap ketentuan tersebut direspon positif oleh Kementerian PAN-RB dan BKN, mengingat edukasi perpajakan merupakan kebutuhan organisasi sehingga penting untuk menjamin profesionalisme dan karir bagi pejabat fungsional Penyuluh Pajak. Diharapkan, melalui penyempurnaan Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak dapat mengoptimalkan kinerja penerimaan pajak dan meningkatkan pembinaan karir serta profesionalisme pegawai. (FA/AP)


facebook twitter
shadow