Nota Kesepahaman Penempatan Lulusan PKN STAN pada 26 K/L untuk Pengelolaan Keuangan Lebih Baik

Nota Kesepahaman Penempatan Lulusan PKN STAN pada 26 K/L untuk Pengelolaan Keuangan Lebih Baik

Jakarta, 05/10/2018 Kemenkeu – Sekretaris Jenderal (Sesjen) Hadiyanto bersama para Sekretaris Menteri dan Sekretaris Utama dari 26 (dua puluh enam) Kementerian Negara/Lembaga (K/L) menandatangani Nota Kesepahaman Penempatan Lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN Tahun 2018 pada K/L di Aula Mezzanine Gedung Djuanda, Jakarta pada Kamis (4/10). Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Rionald Silaban, Direktur PKN STAN Rahmadi Murwanto, para pimpinan unit eselon II di lingkungan Sekretariat Jenderal, dan tamu undangan dari 26 K/L.

Melalui Nota Kesepahaman ini, secara resmi Kementerian Keuangan menempatkan sekitar 11 persen lulusan PKN STAN tahun 2018 ke 26 K/L. Dua puluh enam K/L tersebut antara lain Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Badan Pengawas Pemilu, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Lembaga Ketahanan Nasional, Komnas HAM, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Ombudsman RI, dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Lulusan PKN STAN tahun 2018 yang ditempatkan pada 26 K/L tersebut berasal dari Diploma I (D-I) Kebendaharaan Negara, D-I Pajak, Diploma III (D-III) Kebendaharaan Negara, dan D-III Manajemen Aset, dan D-III Akuntansi. Penempatan ini merupakan pemenuhan permintaan dari 27 K/L dan 95 pemerintah daerah atas lulusan PKN STAN. Pada tahun sebelumnya, Kementerian Keuangan telah menempatkan lulusan PKN STAN pada 10 K/L.

Dalam pidatonya, Sesjen Hadiyanto menyampaikan bahwa penempatan para lulusan PKN STAN merupakan wujud komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara dan kualitas pelaporan keuangan di masing-masing K/L. Sesjen tekankan komitmen Kemenkeu dan seluruh K/L terkait untuk mengembangkan para lulusan PKN STAN. “Tugas dan tanggung jawab kami sebagai Sekretariat Jenderal Kemenkeu yaitu memonitor pelaksanaan penempatan lulusan PKN STAN di masing-masing K/L,” tegas Sesjen.

Sesjen menyampaikan harapannya agar masing-masing K/L dapat memantau, memerhatikan career path, dan memberikan motivasi yang baik kepada para lulusan PKN STAN. “Setjen akan melakukan random check atas penempatan lulusan PKN STAN pada seluruh K/L,” tutup Sesjen. (wa/kom)


facebook twitter
shadow