Pemantauan dan Evaluasi Kantor Berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

Pemantauan dan Evaluasi Kantor Berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

Kediri, 10/08/2018 Kemenkeu – Sebagai upaya mempertahankan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Kementerian Keuangan, Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Organta) giat melakukan pemantauan dan evaluasi pada unit kerja yang telah menyandang predikat WBBM.

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Cukai (KPPBC) Kediri merupakan salah satu unit kerja di lingkungan Kementerian Keuangan yang telah menyandang predikat WBBM. Kantor dengan pemangku kepentingan dari sektor sigaret ini memperoleh predikat WBBM pada tahun 2013. Artinya, unit kerja ini telah mempertahankan predikat itu selama lima tahun.

Kepala Biro Organta memimpin kegiatan impromtu visit atau yang lebih dikenal dengan istilah spot check ini pada Senin (06/8). Tujuannya untuk memastikan bahwa predikat tersebut masih layak dan memiliki kontinuitas yang inovatif pada aspek manajemen perubahan, tata laksana, manajemen sumber daya manusia, akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, pemerintahan bersih dan bebas dari KKN serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kepala KPPBC Kediri, Suryana, menyatakan salah satu kunci untuk mempertahankan predikat WBBM tersebut adalah sinergi antarpegawai KPPBC Kediri. Hal tersebut tercermin dalam nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang mencapai angka 5,0. Artinya, nilai tertinggi pada tingkat pelayanan atas harapan masyarakat tersebut telah tercapai.

Selain ke Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Cukai Kediri, Biro Organta juga melakukan pemantauan dan evaluasi di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang pada hari selasa (07/8). Unit kerja yang memiliki lebih dari 180 pemangku kepentingan tersebut berhasil meraih predikat WBBM pada tahun 2013.

Biro Organta melakukan spot check menggunakan metode pareto optimum 80:20 dan melakukan survei kuesioner terhadap para pemangku kepentingan yang sedang berada dalam ruang pelayanan KPPN Malang. Dari kegiatan tersebut, Biro Organta menyatakan bahwa KPPN Malang masih memiliki kriteria untuk menyandang predikat WBBM.

Kepala Biro Organta, Dini Kusumawati, memaparkan bahwa predikat WBBM sewaktu-waktu dapat dicabut kembali oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) bila sudah tidak lagi memenuhi kriteria lagi. Untuk itu, pelaksanaan pemantauan dan evaluasi sangat diperlukan guna keberlangsungan kelayakan atas predikat tersebut, ujarnya. (kim/org/sr)


facebook twitter
shadow