Penilaian Awal Kantor Wilayah Terbaik Tahun 2017 di Kanwil DJBC Jakarta

Penilaian Awal Kantor Wilayah Terbaik Tahun 2017 di Kanwil DJBC Jakarta

Jakarta - 20/04/2017 Kemenkeu – Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Organta) melakukan penilaian awal kantor wilayah terbaik tahun 2017 di Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jakarta pada Kamis (20/04). Penilaian awal bertujuan untuk melakukan tanya jawab dan konfirmasi atas kebenaran data yang sebelumnya telah dikirim. Tanya jawab dilakukan antara tim penilai dengan para pejabat/pegawai pada Kanwil DJBC Jakarta dan stakeholders Kanwil DJBC yang diundang.

Kepala Kanwil DJBC Jakarta, Oentarto Wibowo menyampaikan bahwa wilayah kerjanya meliputi seluruh kawasan DKI Jakarta kecuali kawasan pelabuhan Tanjung Priok. Kanwil DJBC Jakarta mengawasi 3 Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) dan 2 Unit Pelaksana Teknis (UPT). Kelima kantor tersebut memiliki proses bisnis yang berbeda-beda sehingga dalam melakukan pengawasan dibutuhkan pengembangan sumber daya yang memadai guna mengakomodir perbedaan dan keunikan tersebut. Selain itu, disampaikan pula bahwa Kanwil DJBC Jakarta telah siap untuk mengikuti penilaian kanwil terbaik tahun 2017 dan besar harapan akan menjadi kanwil terbaik se-Kementerian Keuangan.

Kepala Biro Organta, Dini Kusumawati sebagai Ketua Tim Penilai menyampaikan bahwa penilaian ini dilakukan guna menyukseskan reformasi birokrasi Kementerian Keuangan yang sudah dicanangkan sejak tahun 2007. Reformasi hendaknya dilakukan secara menyeluruh dan bersama-sama dan tidak lagi dilakukan secara parsial dan sektoral. Dini menyampaikan bahwa pada tahun 2017, terdapat 3 Kanwil yang menjadi kompetitor dari Kanwil DJBC Jakarta yaitu Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung, Kanwil DJPB Yogyakarta, dan Kawil DJP Jawa Tengah I.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah sesi tanya jawab dan konfirmasi Tim Penilai terhadap stakeholders dari Kanwil DJBC Jakarta. Tim penilai mengkonfirmasi kepuasan stakeholders terhadap layanan dan pengawawan yang diberikan oleh pihak Kanwil dari berbagi segi. Dalam kesempatan dimaksud, stakeholders bisa menyampaikan keluhan dan kekurangan yang masih perlu diperbaiki secara langsung kepada jajaran pejabat/pegawai Kanwil DJBC Jakarta.

Dalam asistensi tersebut turut hadir perwakilan dari kantor pusat DJBC yaitu Sekretaris DJBC, Kushari Supriyanto dan Kepala Bagian Organisasi Tata Laksana, Deny Isworo. Kushari turut memberikan dukungan dan motivasi kepada Kanwil DJBC Jakarta untuk bisa menjadi Kanwil terbaik se-Kementerian Keuangan. (Biro Organta/fey/hr)


facebook twitter
shadow