PMO Setjen Paparkan Materi Pengembangan Jabatan Fungsional di Kemenkeu

PMO Setjen Paparkan Materi Pengembangan Jabatan Fungsional di Kemenkeu

Jakarta 16/11/2017 Kemenkeu – Project Management Office Sekretariat Jenderal (PMO Setjen) untuk kali ke-4 pada tahun ini menyelenggarakan PMO Informal Meeting bertempat di Ruang Rapat Biro Organta Setjen pada Rabu (15/11). Agenda kali ini adalah memberikan pemahaman kepada peserta mengenai pengembangan jabatan fungsional di Kemenkeu.

Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara disebutkan bahwa Jabatan Fungsional adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu. Desain jabatan fungsional di Kemenkeu ditujukan dalam rangka peningkatan mutu pelaksanaan tugas organisasi, pengembangan profesionalisme, serta pembinaan karir pegawai.

Saat ini, Kemenkeu memiliki 8 (delapan) jabatan fungsional core business, yaitu Pemeriksa Pajak, Penilai PBB, Penyuluh Pajak, Pemeriksa Bea dan Cukai, Analis Keuangan Pusat dan Daerah, Analis Anggaran, Pelelang, dan Penilai Pemerintah. Di samping itu, Kemenkeu juga menggunakan jabatan fungsional yang dibentuk K/L lain, di antaranya adalah Peneliti, Pranata Komputer, Auditor, Widyaiswara, Dosen, dan Dokter. (cm/pmo)


facebook twitter
shadow