PP INSW Selenggarakan FGD Pengelolaan Kinerja Dwelling Time

PP INSW Selenggarakan FGD Pengelolaan Kinerja Dwelling Time

Jakarta, 04/12/2018 Kemenkeu – Pengelola Portal Indonesia National Single Window (PP INSW) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) di Aula Mezzanine Gedung Djuanda Kemenkeu, Jakarta pada Selasa (04/12). FGD ini mengangkat tema “Peningkatan Kelancaran Arus Barang di Pelabuhan melalui Pengelolaan Kinerja Dwelling Time, dan Pengaruhnya terhadap Penurunan Biaya Logistik”

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sesjen) Hadiyanto, Kepala PP INSW Jatmiko, pimpinan BUMN, perwakilan dari Kementerian Negara dan Lembaga (K/L), pelaku usaha eksportir dan importir, dan asosiasi usaha di bidang jasa pembeanan.

Mengawali kegiatan FGD, Kepala PP INSW Jatmiko menyampaikan laporan penyelengaraan kegiatan. FGD ini, terang Jatmiko, diselenggarakan untuk memberikan kontribusi nyata perbaikan kelancaran arus barang ekspor-impor di pelabuhan (dwelling time).

Dalam sambutannya, Sesjen Hadiyanto menyampaikan bahwa PP INSW saat ini telah mampu mengintegrasikan layanan perizinan ekspor-impor di 15 K/L secara elektronik. “Ini merupakan suatu kemajuan penting, terutama dalam proses perizinan. Tidak ada lagi tatap muka dengan para pemangku kepentingan—tetapi melalui online—sehingga mempercepat proses,” tegas Sesjen.

Dalam kesempatan ini, Sesjen memberikan tantangan kepada PP INSW dan para peserta FGD untuk mempercepat proses dwelling time menjadi 2 hari. Tantangan ini, terang Sesjen, sesuai dengan arahan yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. (lgr/kom/wa)


facebook twitter
shadow