Quality Assurance Pendidikan Untuk Tingkatkan Daya Saing SDM

Quality Assurance Pendidikan Untuk Tingkatkan Daya Saing SDM

Jakarta, 05/12/2017 Kemenkeu - Salah satu upaya meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah dengan mengimplementasikan sistem pendidikan yang berkualitas. Sistem sertifikasi berbasis kompetensi sebagai salah satu bentuk quality assurance pendidikan tinggi dan menengah dalam rangka peningkatan employability lulusan.

"Dilansir dari halaman website Kemenkeu, quality assurance pendidikan di Indonesia merupakan satu tema yang sangat tepat di saat kita memang sedang mendorong terus berbagai langkah inisiatif dan kebijakan pemerintah berkaitan dengan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan di public sector maupun kualitas dari berbagai profesi penunjang untuk terciptanya kondisi ideal maupun kondusif bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi kita," hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal (Sesjen) Hadiyanto dalam Welcoming Remarks nya pada acara Seminar Nasional Enterprise Education Model and Certification: Wujud Quality Assurance Pendidikan dalam rangka Pengembangan Profesi Akuntansi di Indonesia bertempat di Aula Mezzanine, gedung Djuanda, Kementerian Keuangan pada Selasa (05/12).

Dalam menghadapi tantangan pertumbuhan ekonomi tidak hanya secara domestik, tetapi juga secara geopolitik, secara global economy, Indonesia harus dapat merespon baik dari aspek regulasi maupun dari aspek kesiapan SDM.

"Profesi akuntansi bekerja berdasarkan standar akuntansi dan standar profesional akuntan publik. Profesi tersebut yaitu akuntan publik, akuntan manajemen dan teknisi akuntansi. Tentu berbagai profesi ini pada ujungnya adalah bagaimana bisa membantu para pelaku bisnis, pelaku usaha, entitas bisnis untuk bisa menciptakan atau membuat laporan keuangan yang baik yang wajar," pesan Sesjen. (ip/rsa/kli)


facebook twitter
shadow