Sarasehan Refleksi dan Prospektif Komite Pengawas Perpajakan

Sarasehan Refleksi dan Prospektif Komite Pengawas Perpajakan

Jakarta, (05/12/18) Kemenkeu - Sekretariat Komite Pengawas Perpajakan (Setkomwasjak) Kementerian Keuangan menyelenggarakan sarasehan bertema “Refleksi dan Prospektif Komite Pengawas Perpajakan (Komwasjak)” pada Rabu (05/12) di Ruang Rapat Komwasjak Gedung Juanda II, Jakarta. Sarasehan ini dihadiri oleh Ketua Komwasjak Gunadi, anggota Komwasjak yang terdiri dari Joko Wiyono, Raksaka Mahi, dan Sumihar, serta anggota ex-officio Sekretaris Jenderal (Sesjen) Hadiyanto, dan Inspektur Jenderal (Irjen) Sumiyati.

Sesjen Hadiyanto, dalam kesempatan ini menyampaikan pesan dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati kepada Komwasjak. Dalam pesan yang dipaparkan oleh Sesjen tersebut, antara lain Komwasjak harus mampu: (1) memberikan nilai tambah terhadap pengawasan perpajakan; (2) menjalankan peran yang tidak dapat dijalankan oleh Inspektorat Jenderal (Itjen), Direktorat Jenderal Pajak (DJP), dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC); (3) memberikan rekomendasi yang strategis dan implementatif; (4) memperkuat kredibilitas peran DJP dan DJBC; (5) mampu membaca perkembangan jaman serta implementasinya; (6) mendukung sinergi dan joint program DJP dan DJBC.

Sesjen juga mengelaborasi pesan Menkeu agar dalam menjalankan tugasnya Setkomwasjak menjadi organisasi yang kredibel, dan terus memanfaatkan teknologi dan tranformasi digital. Sesjen berharap agar Komwasjak belajar dari lembaga sejenis di negara lain sehingga menjadi organisasi yang selalu siap menghadapi tantangan perpajakan di masa akan datang.

Pembicara yang hadir mengisi sarasehan ini antara lain Mantan Ketua Panitia Kerja RUU KUP (Rancangan Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan) I Made Gde Erata, Kepala Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Ahmad Badaruddin, Akademisi dan Praktisi Perpajakan Darussalam, dan Sekretaris Panitia Kerja RUU KUP Tahun 2007-2008 (mewakili pemerintah) Kismantoro Petrus. Para pembicara mengangkat beberapa topik diskusi antara lain isu terkini pengawasan perpajakan, international comparation Komwasjak, dan relevansi Komwasjak menurut RUU KUP. (evn/kom/wa)


facebook twitter
shadow