Sekretariat Jenderal Raih Predikat Sangat Memuaskan pada Evaluasi Implementasi SAKIP Tahun 2017

Sekretariat Jenderal Raih Predikat Sangat Memuaskan pada Evaluasi Implementasi SAKIP Tahun 2017

Jakarta, 4/06/2018 Kemenkeu — Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan (Setjen Kemenkeu) mendapat predikat Sangat Memuaskan (AA) dengan total nilai 91,04 pada evaluasi atas implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2017 yang ditetapkan oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) pada Kamis (17/05).

Total nilai tersebut mengalami kenaikan sebesar 1,58 poin dibandingkan total nilai tahun 2016 yang ditetapkan sebesar 89,46 (A = Memuaskan). Adapun total nilai tersebut terdiri dari empat komponen nilai yaitu Perencanaan Kinerja (30%) mendapat 28,56 poin, Pengukuran Kinerja (30%) mendapat 26,88 poin, Pelaporan Kinerja (20%) mendapat 17,11 poin serta Pencapaian Sasaran/Kinerja Organisasi (20%) mendapat 18,9 poin. Komponen nilai yang mengalami penurunan untuk tahun 2017 adalah komponen Pengukuran Kinerja.

Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan penilaian Itjen atas penggunaan teknologi informasi dalam proses pengukuran kinerja. Penggunaan aplikasi e-performance sebagai salah satu alat dalam proses pengelolaan kinerja dinilai hanya digunakan terbatas pada perekaman target dan capaian kinerja tingkat individu. Aplikasi belum dapat digunakan untuk pengukuran kinerja secara berjenjang. Kondisi ini berbeda jika dibandingkan dengan tahun 2016 ketika Itjen memberikan nilai penuh atas penggunaan aplikasi e-performance tanpa melihat kegunaan dan akomodasi konsolidasi capaian penghitungan realtime individu kepada organisasi. Terkait dengan hal tersebut, Biro Perencanaan dan Keuangan selaku Pengelola Kinerja Organisasi Tingkat Kementerian sedang melakukan pembahasan terkait proses pengembangan aplikasi e-performance. (kom/sr)


facebook twitter
shadow