Sesjen Dukung Sinergi Penyusunan Laporan Keuangan Kemenkeu yang Komprehensif

Sesjen Dukung Sinergi Penyusunan Laporan Keuangan Kemenkeu yang Komprehensif

Bandung 02/11/2017 Kemenkeu - Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jenderal menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan III Tahun 2017 dan Penyusunan Kebijakan Refinement Kontrak Kinerja dan Piagam Manajemen Risiko Tahun 2018 bertempat di Aula Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil Ditjen PBN) Provinsi Jawa Barat, Bandung pada Senin s.d. Kamis (30/10 s.d. 2/11).

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pengelola keuangan dan pengelola kinerja dari 11 unit eselon 1 di lingkungan Kementerian Keuangan termasuk 5 Badan Layanan Umum di bawahnya, beserta tim pendamping dari Biro Perlengkapan Sekretariat Jenderal, Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan (SITP) Ditjen PBN, Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (APK) Ditjen PBN, dan tim review dari Inspektorat Jenderal. Selain untuk penyusunan Laporan Keuangan, para peserta juga mendapatkan paparan tentang implementasi aplikasi SAKTI tahun 2018 pada 366 satker di lingkungan Kementerian Keuangan.

Dalam kegiatan ini, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Chalimah Pujiastuti menyampaikan Laporan Posisi Angka Kompilasi Laporan Keuangan Triwulan III kepada Sekretaris Jenderal. Chalimah menyampaikan harapannya agar paparan mengenai implementasi SAKTI tahun 2018 dapat membawa pada pemahaman yang komprehensif, sehingga pada implementasi tersebut tidak menurunkan kualitas Laporan Keuangan Kementerian Keuangan.

Sekretaris Jenderal Hadiyanto hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut untuk memberikan arahan dan berdialog dengan para peserta kegiatan. Hadiyanto berharap agar sisa waktu tahun anggaran 2017 dapat digunakan oleh seluruh unit di Kementerian Keuangan secara sinergi untuk mengejar rencana target. Selain itu, Hadiyanto juga mendorong agar kegiatan ini dapat melahirkan Laporan Keuangan Kementerian Keuangan yang komprehensif. Dalam sambutannya, Hadiyanto juga menyampaikan hal-hal terkait penguatan budaya kinerja Kementerian Keuangan, salah satunya mengenai efisiensi. Pada rangkaian kegiatan ini, Sesjen Hadiyanto menyerahkan penghargaan kepada pengelola kinerja organisasi terbaik di lingkungan Kementerian Keuangan.

Sebagai informasi, Kanwil Ditjen PBN Provinsi Jawa Barat yang menjadi lokasi kegiatan, merupakan salah satu kanwil yang terpilih sebagai kanwil dengan pelayanan terbaik di lingkungan Kementerian Keuangan. Kanwil Ditjen PBN Provinsi Jawa Barat telah berhasil mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi dari Inspektorat Jenderal, juga akan membawa nama besar Kementerian Keuangan dalam mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.(wa/kom)


facebook twitter
shadow