Sesjen: Kemenkeu Menjadi Pioneer dalam Perubahan dan Perbaikan

Sesjen: Kemenkeu Menjadi Pioneer dalam Perubahan dan Perbaikan

Jakarta, 4/12/2018 Kemenkeu – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meraih indeks kepuasan pengguna layanan sebesar 4,41. Indeks ini mengalami peningkatan sebesar 0,02 dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 4,39. Indeks kepuasan pengguna layanan merupakan hasil dari pelaksanaan Survei Kepuasan Pengguna Layanan (SKPL) Kemenkeu Tahun 2018. Indeks ini merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat, juga dapat digunakan untuk melakukan perbaikan kebijakan ke depannya.

Hal ini disampaikan oleh Tim Peneliti Independen dari Universitas Gadjah Mada (UGM)  dalam kegiatan Diseminasi Laporan Hasil Survei Kepuasan Pengguna Layanan (SKPL) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Organta) di Ruang Rapat Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemenkeu, Jakarta pada Selasa (4/12). Kegiatan yang dipimpin oleh Sesjen Hadiyanto ini dihadiri para perwakilan pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian Keuangan.  

Kegiatan ini diselenggarakan untuk membahas hasil temuan dan rekomendasi atas pelaksanaan SKPL yang dilaksanakan oleh UGM kepada Kemenkeu atas pelayanan yang diberikan selama satu tahun terakhir. SKPL Kemenkeu dilaksanakan untuk mengukur kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan. Survei dilaksanakan terhadap 62 layanan Kemenkeu di enam kota besar, antara lain Medan, Batam, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, dan Makassar. Tahun ini merupakan tahun keempat kerja sama antara Kemenkeu dan UGM dalam menyelenggarakan SKPL.

Ketua Pelaksana Tim Peneliti Independen Sahid Susilo Nugroho menyampaikan bahwa pelaksanaan survei ini adalah murni penilaian dari responden yang menggunakan layanan Kemenkeu. Tim Peneliti juga menyampaikan bahwa kondisi demografi yang berbeda-beda antara lokasi survei justru mengungkap keunikan dan karakteristik tersendiri. Hal ini dapat digunakan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan kebijakan.

Dalam kesempatan ini, Sesjen Hadiyanto memberikan arahan kepada seluruh peserta diseminasi untuk mencermati dan memahami dengan baik hasil dan rekomendasi dari penyelenggaraan SKPL tahun 2018. Sesjen berharap agar hasil dan rekomendasi ini ditindaklanjuti sebagai kerangka acuan room for improvement agar Kemenkeu dapat selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada stakeholders dan menjadi pioneer dalam perubahan dan perbaikan. (bk/org/wa)


facebook twitter
shadow