Sesjen: Pengendalian Gratifikasi Bergantung pada Masing-Masing Individu

Sesjen: Pengendalian Gratifikasi Bergantung pada Masing-Masing Individu

Jakarta, 16/05/2019 Kemenkeu – Biro Umum selaku Unit Pengendali Gratifikasi (UPG) menyelenggarakan Sosialiasi Program Pengendalian Gratifikasi dan Penguatan Integritas Pegawai Setjen di Aula Mezzanine Gedung Djuanda, pada Kamis (16/5).

Acara yang dihadiri oleh 165 peserta ini, dibuka dengan laporan dari Kepala Biro Umum Sugeng Wardoyo. Sugeng menyampaikan acara ini diselenggarakan untuk mendorong para pejabat dan pegawai bersinergi menerapkan pengendalian gratifikasi sebagai langkah nyata aksi pencegahan korupsi.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Hadiyanto menyambut baik penyelenggaraan acara ini, dan dalam arahannya Hadiyanto menyatakan bahwa pengendalian gratifikasi bergantung pada masing-masing individu. Hadiyanto juga menekankan pentingnya menolak, dan melaporkan penerimaan atau penolakan gratifikasi.

“Benteng terpenting dari masalah integritas adalah hati. Penting bagi kita semua untuk menolak gratifikasi atau yang tidak terhindarkan agar dilaporkan,” tegas Hadiyanto.

Dalam kesempatan tersebut, Inspektur VII Roberth Gonijaya menjelaskan kewajiban Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait gratifikasi. Kewajiban tersebut antara lain menolak gratifikasi, melaporkan penolakan gratifikasi, dan melaporkan penerimaan gratifikasi yang tidak dapat ditolak kepada UPG atau langsung kepada KPK.

“Gratifikasi itu merepotkan. Ditolak harus dilaporkan. Diterima juga harus dilaporkan. Tapi itulah kewajiban ASN,” kata Roberth.

Inspektur VI Sofandi Arifin menambahkan materi tentang penguatan integritas Kementerian Keuangan. Integritas, menurutnya, berkaitan dengan TWK yaitu  Tone at the Top, Walk the Talk, dan Know Your Employee.

Tone at the Top melalui penguatan budaya organisasi dan kerja, dengan diawali keteladanan pimpinan. Walk the Talk adalah konsisten antara perbuatan dan perkataan. Know Your Employee yaitu perhatian kepada pegawai,” pungkas Sofandi. (mro/kom/wa)


facebook twitter
shadow