Sesjen Sambut 294 Pegawai Baru Sekretariat Jenderal

Sesjen Sambut 294 Pegawai Baru Sekretariat Jenderal

Jakarta, 28/12/2017 Kemenkeu – Sekretariat Jenderal mengadakan Induction Program: Orientasi Pegawai baru di lingkungan Kesetjenan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.  Acara yang diselenggarakan pada tanggal 28-29 Desember 2017 ini bertempat di Aula Gedung R.M. Notohamiprodjo.  Orientasi tersebut dihadiri hampir seluruh pimpinan uni eselon II di lingkungan Sekretariat Jenderal beserta staf serta berisikan 294 pegawai baru Setjen 2017 yang terdiri atas 119 pegawai berasal dari rekrutmen lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN dan 175 pegawai berasal dari rekrutmen umum. 

Acara diawali oleh penyampaian laporan hasil rekrutmen kemenkeu untuk lingkungan Setjen oleh Kepala Biro Umum, Sugeng Wardoyo. Melalui laporannya, Sugeng menjelaskan tujuan dari acara ini tak lain untuk menyambut pegawai baru untuk lingkungan Setjen tahun anggaran 2017.  Selain itu sebagai salah satu bentuk untuk lebih memperkenalkan struktur organisasi yang berada di lingkup kesetjenan. Selanjutnya, secara simbolik disematkan pin PRiME kepada 6 pegawai baru berprestasi berdasarkan IPK tertinggi yaitu 3,9 yang diraih rekrutmen umum dan nilai SKD tertinggi yaitu 447 dari rekrutmen lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN secara langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sesjen), Hadiyanto.    

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Sesjen yang diawali dengan memperkenalkan jajaran eselon 2 yang berada di bawah lingkungan Sekretariat Jenderal.  Setelah perkenalan yang diselingi dengan humor, sesi berikutnya dimulai penyampaian materi terkait visi, misi, nilai-nilai yang dimiliki oleh Kementerian Keuangan serta spirit penunjang yang dimiliki Setjen yaitu Spirit PRiME. 

Sesjen menambahkan, untuk menjadi Prime Mover (penggerak utama) sesuai visi dan misi yang dimiliki Kemenkeu, diperlukan karakter climbers. Dimana pada karakter tersebut, pegawai baru diharapkan untuk tidak terlalu fokus pada manfaat-manfaat yang dapat diperoleh untuk diri sendiri melainkan pada manfaat apa yang dapat diberikan pegawai baru untuk negara Republik Indonesia. 

“Semoga kalian bisa terus menjadi bagian dari keluarga kesetjenan, bekerja dengan hati, ikhlas, profesional dan mengusung nilai-nilai Kemenkeu” pesan Sesjen.

Acara pun dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh biro-biro beserta beberapa pusat yang dikelola dibawah Sekretariat Jenderal. Adapun biro-biro tersebut meliputi Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan, Biro Sumber Daya Manusia, Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Biro Perencanaan dan Keuangan, Biro Hukum, Biro Bantuan Hukum, Biro Perlengkapan kemudian dilanjutkan dengan Biro Umum.  Beberapa kepala pusat juga ikut serta menyampaikan materi seperti Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan, Pusat Pembinaan Profesi Keuangan, Pusat Analis dan Harmonisasi Kebijakan, Pusat Layanan Pengadaan Secara Elektronik, Sekretariat Komite Pengawas Pengadilan Pajak, dan Sekretariat Pengadilan Pajak. (lc/wa/kom)


facebook twitter
shadow