Training Enterprise Architecture Kementerian Keuangan Batch II

Training Enterprise Architecture Kementerian Keuangan Batch II

Jakarta, 19/03/2018 Kemenkeu – Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Biro Organta) bekerja sama dengan Biro Umum menyelenggarakan training Enterprise Architecture di lingkup Sekretariat Jenderal, bertempat di Kantor Pusat Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Jakarta. Acara yang berlangsung tanggal 19-22 Maret 2018 ini dihadiri oleh perwakilan dari seluruh unit Eselon II di lingkungan Sekretariat Jenderal yang memiliki tugas mengawal proses bisnis dan teknologi informasi di lingkup masing-masing unit organisasi. Batch pertama dari training serupa telah diselenggarakan pada tanggal 19-22 Februari 2018 dengan peserta dari sebelas unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan.

Tujuan dari dilaksanakannya training ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai Enterprise Architecture dan bagaimana penerapannya ke dalam penyusunan proses bisnis yang ada. Selama empat hari, peserta mendapatkan materi mengenai Digital Enterprise Architecture Awareness, TOGAF Masterclass, Archimate Masterclass, serta Archimate dan BPMN Hands on Tools pada aplikasi Orbus iServer.

Selain itu, training ini juga dilaksanakan sebagai pembekalan pada unit Eselon II di lingkungan Sekretariat Jenderal dalam melaksanakan tahapan-tahapan penyempurnaan arsitektur yang terdiri atas Bisnis, Data, Aplikasi, dan Teknologi. Oleh karena itu, peserta tidak hanya mendapatkan materi terkait metodologi Enterprise Architecture, namun juga mendapatkan pelatihan intensif terkait penggunaan tools Enterprise Architecture Kementerian Keuangan.

Dalam rangka membangun pemahaman dan kesiapan para pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal terhadap Enterprise Architecture sebagai alat pencapaian tujuan organisasi di masa depan, perlu dilaksanakan perluasan komunitas Subject Matter Expert di bidang Enterprise Architecture. Diharapkan ke depannya, Setjen dapat menjadi backbone dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi seluruh unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan.

Kepala Bagian Ketatalaksanaan I, N. Eko Budiantoro, mewakili Kepala Biro Organta dalam pembukaannya menyampaikan bahwa penerapan Enterprise Architecture sangat diperlukan dalam proses bisnis di Kementerian Keuangan karena terdapat beberapa tantangan yang perlu diselesaikan antara lain mengenai Single Source of Truth dan integrasi data antar unit Eselon I.

Eko berharap agar dapat terlaksana transfer of knowledge kepada rekan kerja yang ada di masing-masing unit setelah berakhirnya training. (aym/org)


facebook twitter
shadow