Workshop Sistem Informasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kemenkeu

Workshop Sistem Informasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kemenkeu

Jakarta, 14/05/2018 KemenkeuBiro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Organta) menyelenggarakan Workshop Sistem Informasi Pelayanan Publik di Jakarta, pada Senin (14/05). Workshop ini dihadiri oleh  perwakilan kantor pusat unit Eselon I yang memiliki kantor pelayanan sebagai kantor vertikal, antara lain Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb). Kegiatan ini dilaksanaan dalam rangka mempersiapkan kantor pelayanan di lingkungan Kementerian Keuangan menghadapi penilaian kinerja pelayanan publik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) yang akan dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2018.

Kepala Biro Organta Dini Kusumawati, membuka acara workshop dengan menyampaikan bahwa pada zaman ini tuntutan para pengguna layanan untuk mendapatkan kepastian dan informasi akan jenis-jenis layanan yang diberikan oleh unit penyelenggara pelayanan publik sangat tinggi. Oleh karena itu, Kemenkeu selalu berusaha untuk meningkatkan dan meng-upgrade pelayanan publik di lingkungan Kemenkeu, yang tercermin dengan adanya pengukuran kualitas pelayanan publik, salah satunya melalui kegiatan pemilihan peserta Kantor Pelayanan Terbaik (KPT), Kantor Wilayah Terbaik (KWT), dan pengusulan unit kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM). Bersinggungan dengan itu, kegiatan penilaian kinerja pelayanan publik oleh KemenPAN RB ini sebenarnya memiliki komponen yang sebagiannya telah ada pada komponen penilaian WBK/WBBM, KPT, dan KWT yang telah ada di Kemenkeu.

Kasubbag Ketatalaksanaan IIA F. Eko Yulianto juga menyampaikan bahwa pada tahun 2018 unit yang akan diusulkan oleh Kemenkeu untuk mengikuti survei tersebut direncanakan sejumlah 50 unit. Unit-unit tersebut terdiri atas kantor pelayanan yang telah mengikuti penilaian KPT tahun 2017, kantor pelayanan yang sedang mengikuti penilaian KPT tahun 2018, dan unit kerja yang diusulkan untuk mendapatkan predikat WBK pada tahun 2018. Lebih lanjut, F. Eko juga memaparkan pedoman dan indikator penilaian kinerja sebagaimana tercantum dalam PermenPAN RB Nomor 17 tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Melihat antusiasme para peserta workshop sangat dimungkinkan jika kantor pusat dari masing-masing unit Eselon I terkait akan mengusulkan penambahan jumlah unit yang akan dinilai oleh KemenPAN RB tahun ini.

Dalam sesi terakhir, Biro Organta mendampingi para peserta untuk melakukan praktik langsung aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik melalui situs https://sipp.menpan.go.id/ dalam hal penyusunan database pelayanan publik di lingkungan Kemenkeu. (org/epd/wa)


facebook twitter
shadow