FAQs Beasiswa Pendidikan

Program apa saja yang didanai oleh LPDP?

Beasiswa

  1. Beasiswa Magister/ Doktoral (Dalam/ Luar Negeri);
  2. Beasiswa Tesis/ Disertasi (Dalam/Luar Negeri);
  3. Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis (Dalam Negeri);
  4. Beasiswa Presiden Republik Indonesia;
  5. Beasiswa Afirmasi;
  6. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI).

Pendanaan Riset

  1. Riset Inovatif dan Produktif Komersial;
  2. Riset Inovatif dan Produktif Implementatif;
  3. Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional.

Apakah beasiswa LPDP khusus untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pegawai Kementerian Keuangan saja?

Tidak, program beasiswa ini diperuntukkan bagi seluruh Warga Negara Indonesia yang berkemampuan akademik & kepemimpinan yang tinggi & lolos proses seleksi.

Pada program Beasiswa Magister/Doktoral/Spesialis kedokteran, komponen apa saja yang didanai oleh LPDP?

  1. Dana Pendidikan (Pendaftaran, SPP, Uang Buku, Penelitian, Seminar Internasional, Publikasi Jurnal, Wisuda).
  2. Dana non Pendidikan (Aplikasi Visa, Hidup Bulanan, Asuransi Kesehatan, Transportasi, Dana Kedatangan, Dana Darurat, Insentif Perguruan Tinggi (20 terbaik tingkat dunia menurut LPDP).

Kapan batas waktu pendaftaran Beasiswa LPDP ini?

Tidak ada batas waktu pendaftaran. Pendaftaran dibuka sepanjang tahun (jadwal seleksi dapat dilihat pada situs resmi LPDP).

Persyaratan LPDP membatasi umur pendaftar untuk magister/dokter spesialis maksimal 35 tahun dan doktoral maksimal 40 tahun. Bagaimana perhitungannya?

  1. Untuk pelamar beasiswa program magister/dokter spesialis, usia maksimum pada 31 Desember di tahun pendaftaran adalah 35 (tiga puluh lima) tahun.
  2. Untuk pelamar beasiswa program doktoral, usia maksimum pada 31 Desember di tahun pendaftaran adalah 40 (empat puluh) tahun.

Saya pernah gagal dalam proses seleksi administrasi atau seleksi substansi (substansi, leaderless group discussion, dan on the spot essay writing) LPDP pada periode sebelumnya, apakah saya boleh daftar kembali?

  1. Pendaftar yang gagal pada proses seleksi administrasi diperbolehkan mendaftar kembali beasiswa LPDP pada periode berikutnya.
  2. Adapun pendaftar yang tidak lulus seleksi substansi masih memiliki 2 (dua) kali kesempatan kembali melakukan pendaftaran beasiswa atau maksimal 3 (tiga) kali mengikuti seleksi substansi. Apabila kembali gagal pada proses seleksi substansi maka pendaftar tersebut sudah tidak berhak kembali mendaftar beasiswa LPDP. Ketentuan tersebut bersifat akumulasi untuk semua program beasiswa LPDP.

Apakah dalam 1 periode seleksi saya dapat mendaftar melalui 2 jalur pendaftaran beasiswa LPDP secara bersamaan, misal saya mendaftar program Magister melalui jalur Afirmasi dan jalur BPI Reguler?

  1. Pendaftar beasiswa LPDP tidak diperkenankan mendaftar 2 jalur program beasiswa LPDP dalam 1 waktu periode seleksi secara bersamaan.
  2. Bila saya memiliki pertanyaan mengenai layanan LPDP, adakah hotline atau contact center yang dapat saya hubungi?

Frequently Asked Questions and Answers terkait beasiswa pendidikan dari LPDP selengkapnya.


facebook twitter
shadow