Profil E-procurement

Apa itu e-Procurement?

e-Procurement adalah proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik dan berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum secara elektronik yang diselenggarakan oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE)

Latar Belakang e-Procurement :

a. Tuntutan masyarakat dalam memperoleh informasi seluas-luasnya mengenai pengadaan barang/jasa pemerintah;
b. Penyelenggaraan pemerintah yang baik dan bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN)

Tujuan e-Procurement:

Untuk menciptakan transparansi, efisiensi dan efektivitas serta akuntabilitas dalam pengadaan barang/jasa melalui media elektronik antara panitia dan penyedia jasa

Manfaat e-Procurement :

a. Mengurangi kontak fisik yang dapat menimbulkan risiko KKN baik antar Penyedia, maupun antar Penyedia dan PPK/Panitia;
b. Membuat proses interaksi antara pengguna dan penyedia jasa, serta masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat;
c. Menghemat biaya operasional pengadaan baik dari sisi panitia maupun penyedia;
d. Meningkatkan kontrol terhadap berbagai penyimpangan

Apa itu LPSE Kementerian Keuangan?

Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Keuangan adalah suatu unit yang melayani proses pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan secara elektronik pada instansi vertikal di lingkungan kementerian keuangan, dan intansi/lembaga lainnya yang telah mengadakan perjanjian kerja sama yang tertuang dalam  nota kesepahaman (MOU)

Fungsi LPSE Kementerian Keuangan?

LPSE Kementerian Keuangan menjalankan fungsi sebagai berikut :

1. Mengelola sistem e-Procurement;
2. Menyediakan pelatihan kepada Panitia dan Penyedia barang/jasa;
3. Menyediakan sarana akses internet bagi Panitia dan Penyedia barang/jasa;
4. Menyediakan bantuan teknis untuk mengoperasikan sistem e-Procurement kepada Panitia dan Penyedia barang/jasa;
5. Melakukan pendaftaran dan verifikasi terhadap Panitia dan Penyedia barang/jasa.

Jenis-Jenis Layanan
Pelayanan e-Procurement  yang diberikan meliputi :

1. Konsultasi E-procurement (Pelayanan Hepldesk)
2. Layanan Registrasi dan Verifikasi
3. Pelayanan Pembentukan Admin Agency pada Kementerian/Lembaga
4. Pelayanan Pelatihan e-Procurement
5. Pelayanan Bidding Room
6. Layanan SIstem Aplikasi dan Jaringan

 


facebook twitter
shadow