Komite Pengarah TIK

Dalam rangka pelaksanaan tata kelola teknologi informasi dan komunikasi (information and comunication technology governance) yang baik, Kementerian Keuangan memandang perlu untuk membentuk Komite Pengarah Teknologi Informasi dan Komunikasi Kementerian Keuangan.

Pembentukan Komite Pengarah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kementerian Keuangan merupakan amanat dari Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi Nomor 41/PER/MEN.KOMINFO/11/2007 tentang Panduan Umum Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional, yeng menyebutkan bahwa pembentukan Chief Information Officer (CIO) dan Komite TIK merupakan prioritas dalam penyusunan struktur tata kelola TIK.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 260/KMK.01/2009 tentang Kebijakan Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Departemen Keuangan, CIO dalam menjalankan tugasnya senantiasa memperhatikan masukan dari Komite Pengarah TIK.

Adapun peran Komite TIK berdasarkan pertaruran Menkominfo Nomor 41/PER/MEN.KOMINFO/11/2007 adalah :

1. Mensinergiskan dan mengintegrasikan Rencana TIK institusi yang mengakomodir kepentingan seluruh satuan kerja.
2. Mensinergiskan rencana belanja/investasi satuan kerja untuk memastikan tidak adanya tumpang tindih ( redundancy) inisiatif TIK
3. Melakukan review atas evaluasi berkala implementasi TIK yang dilakukan oleh CIO, untuk memastikan keselarasan dengan rencana semula

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 173/KMK.01/2011 tentang Pembentukan Komite Pengarah Teknologi Informasi dan Komunikasi Kementerian Keuangan Tahun 2011, dibentuklah Komite Pengarah TIK Kementerian Keuangan beserta unsur-unsurnya.

Unsur-unsur
Komite Pengarah TIK Kementerian Keuangan terdiri dari :

1. Pembina TIK;
2. Pengarah TIK;
3.

Tim Koordinasi Tata Kelola TIK;

4. Tim Kebijakan TIK;
5. Tim Arsitektur TIK;
6. Tim Project Management Office;
7. Tim Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia TIK;
8. Sekretariat Komite.

Tugas
Komite Pengarah TIK mempunyai tugas sebagai berikut :

1. Pembina TIK mempunyai tugas melakukan pembinaan terhadap pelaksanaan tugas Komite Pengarah TIK.
2. Pengarah TIK mempunyai tugas :
a. Memberi arahan terhadap pelaksanaan kegiatan komite pengarah TIK terkait :
1) Review dan penyesuain terhadap kebijakan dan standar yang telah ditetapkan;
2) Perumusan kebijakan dan standar, serta prosedur TIK yang dibutuhkan;
3) Koordinasi Investasi TIK antar unit eselon I di Lingkungan Kementerian Keuangan ;
4) Pendampingan perumusan integrasi Strategic Plan (ISP) bidang TIK ;
5) Pelaksanaan tahap integrasi TIK Kementerian Keuangan;
6) Koordinasi pembentukan repository data keuangan dan kekayaan negara dalam rangka kegiatan pertukaran data elektronik antar unit eselon 1 di lingkungan Kemeneterian Keuangan
b. Mengajukan usulan kebijakan dan perencanaan strategis TIK Kementerian Keuangan kepada Menteri Keuangan;
c. Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kegiatan penyusunan Integrated Strategic Plan (ISP) bidang TIK dan pelaksanaan tahunan integrasi TIK Kementerian Keuangan dan
d. Menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas Komite Pengarah TIK kepada Menteri Keuangan.
3. Tim Koordinasi Tata Kelola TIK mempunyai tugas :
a. Melakukan koordinasi dan perumusan :
1)

Review dan penyesuian terhadap kebijakan dan standar yang telah di tetapkan;

2) Perumusan kebijakan dan standar, serta produk TIK yang dibutuhkan;
3) Penyelarasan investasi TIK antar unit eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan;
4) Pendampingan perumusan Integrated Strategic Plan (ISP)bidang TIK;
5) Pelaksanaan tahapan integrasi TIK Kementerian Keuangan;
6) Pelaksanaan konsultasi Transformasi Kelembagaan;
7) Pembangunan oraganisasi dan Sumber Daya manusia TIK Pusat;
8) Pembentukan repository data keuangan dan kekayaan Negara dalam rangka kegiatan pertukaran data elektronik antar unit eselon 1 di lingkungan Kementerian Keuangan.
b. Melakukan koordinasi implementasi tata kelola TIK di Kementerian Keuangan sesuai dengan kebijakan dan standar TIK Kementerian Keuangan; dan;
c. Melakukan pemantauan terhadap pengembangan TIK strategis; dan
d. Mengelola dan emitigasi risiko yang dapat berdampak serius pada pelayanan TIK.
4. Tim Center of Excellent :
a. Kelompok Kerja Kebijakan dan Perencanaan Strategis TIK mempunyai tugas :
1) Menyusun dan memelihara pemutakhiran Rencana Strategis TIK agar selaras dengan Rencana Strategis Kementerian Keuangan;
2) Menyusun roadmap dan cetak biru; dan
3) Menyusun kebijakan dan standar tata kelola TIK, serta prosedur yang strategis;
b. Kelompok Kerja Arsitektur TIK mempunyai tugas :
1) Memberi masukan terkait pengembangan Rencana Strategis, roadmap, cetak biru, kebijakan dan standar tata kelola TIK, serta prosedur pengelolaan Tik strategis;
2) Mewujudkan pembentukan basis data keuangan dan kekayaan negara dalam rangka kegiatan pertukaran data antar unit eselon I, yang dikoordinasi dan difasilitasi oleh Pusintek; dan
3) Mewujudkan pengelolaan layanan Tik terpadu (shared services), yang dikoordinasi dan difasilitasi oleh Pusintek.
5. Tim Project Management Office mempunyai tugas :
a. Sebagai fasilitator dan penyedia data dalam pemantauan proses pengembangan TIK yang strategis;
b. Menyusun metode seleksi dan prioritas rencana pengembangan TIK yang strategis yang akan diajukan;
c. Menyusun format standar pelaporan untuk memantau portofolio proyek; dan
d. Memberi masukan terkait pengembangan Rencana Strategis, roadmap, cetak biru, kebijakan dan standar tata kelola TIK, serta prosedur pengelolaan TIK strategis.
6. Sekretariat mempunyai tugas membantu pelaksanaan tugas Komite Pengarah TIK di bidang administrasi.

Keanggotaan
Keanggotaan Komite Pengarah TIK Kementerian Keuangan dapat dilihat di sini>>>

 


facebook twitter
shadow